Kontroversi plagiarisme kini hinggap di rapper T-Pain. Baru-baru ini ia dituduh mengambil tanpa izin melodi dari sebuah lagu Bollywood berjudul ‘Tum Hi Ho’ (yang cukup terkenal di Indonesia) untuk single paling barunya, ‘That’s Yo Money’.

Sang superstar hip-hop mendapat ancaman tuntutan hukum dari musisi India bernama Mithoon pada Rabu, 19 Desember lalu dengan mengklaim jika ritme ‘That’s Yo Money’ sangat mirip dengan lagu miliknya, ‘Tum Hi Ho’, yang ditulisnya di tahun 2013 untuk film berjudul ‘Aashiqui 2’.

T-Pain kini membela dirinya sekaligus memberi klarifikasi melalui Twitter jika produsernya yang memutuskan untuk mengambil sampel lagu yang menjadi masalah, sebelum ada persetujuan yang terjadi antara label resminya dan pencipta ‘Tum Hi Ho’.

Ia mengaku tidak tahu kalau beat lagunya adalah hasil sampel dan belum pernah mendengar (‘Tum Hi Ho’) sebelumnya sebelum mendapatkannya dari sang produser. Lebih lanjut ia menyebutkan jika pihak labelnya akan menghubungi guna menyelesaikan masalah yang terjadi.

Sejauh ini single baru T-Pain ini sudah tidak bisa diputar di YouTube karena audionya telah dihilangkan dengan catatan “a copyright claim by a third party,” sebagaimana yang dilaporkan oleh NME.com. Meski begitu, lagu tetap bisa didengar di Spotify.